Yogiswara - Resi

 on Kamis, 11 Juni 2015 

RESI YOGISWARA adalah brahmana sakti dari pertapaan Yogisrama yang berada di hutan Dandaka. Ia adalah guru Prabu Dasarata, raja negara Ayodya, juga menjadi guru Ramawijaya dan Laksmana, putra Prabu Dasarata dengan Dewi Kusalya dan Dewi Sumitra.

Resi Yogiswara pernah menyelamatkan Dewi Kusalya, putri Prabu Banaputra, raja negara Ayodya dengan permaisuri Dewi Barawati, dari nafsu angkaramurka Prabu Dasamuka, raja negara Alengka yang ingin memperistri Dewi Kusalya secara paksa. Prabu Dasamuka yang dalam keadaan nafsu birahi ditipunya dengan penyerahan Dewi Kusalya palsu yang diciptakan dari selembar daun. Resi Yogiswara juga menjadi wali perkawinan Dewi Kusalya dengan Dasarata yang waktu itu menjadi muridnya.

Resi Yogiswara berumur sangat panjang mencapai ratusan tahun. Konon ia ikut menyaksikan kelahiran Anoman, putra Dewi Anjani dengan Bathara Guru yang lahir di telaga Madirda. Resi Yogiswara juga masih mendengar kabar kematian Prabu Dasamuka oleh panah Guwawijaya, senjata pusaka Prabu Rawawijaya, muridnya sendiri.
Yogiswara - Resi4.55Cah SaminKamis, 11 Juni 2015 RESI YOGISWARA adalah brahmana sakti dari pertapaan Yogisrama yang berada di hutan Dandaka. Ia adalah guru Prabu Dasarata, raja negara ...


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar