Yadu

 on Kamis, 11 Juni 2015 

YADU adalah putra sulung Prabu Yayati, raja negara Astina dari permasuri Dewi Dewayani, putra brahmana sakti yang memiliki ilmu Sanjiwani (dapat menghidupkan orang yang sudah mati walau sudah menjadi abu), bernama Resi Sukra. Ia mempunyai adik kandung bernama Turwasu. Yadu juga mempunyai tiga orang saudara seayah lain ibu, putra Dewi Sarmista, putri raja raksasa Prabu Wisaparwa, masing-masing bernama ; Druhyu, Anu dan Puru.

Yadu dan ketiga saudaranya yang lain, yaitu: Turwasu, Druhyu dan Anu, kehilangan haknya atas tahta dan kerajaan Astina karena mereka menolak pemintaan ayahnya, Prabu Yayati untuk menukarkan masa mudanya dengan masa ketuaan ayah mereka yang terkena kutuk Resi Sukra menjadi lelaki jompo yang renta. Yadu dan Turwasu kemudian meninggalkan negara Astina, pergi mengembara.

Berkat keuletan dan ketekunannya bertapa, Yadu akhirnya mendapatkan anugrah Dewata, ia berhasil mendirikan negara baru yang diberi nama Kerajaan Mandura. Dari perkwinanya dengan seorang hapsari/bidadari, Prabu Yadu memperoleh seorang putra yang diberi nama Kunta, yang turun temurun menurunkan Wangsa Yadawa, Wresni dan Andaka (keluarga kerajaan ; Mandura, Lesanpura, Kumbina dan Dwarawati). Prabu Yadu mati moksa dalam usia yang sangat lanjut.
Yadu4.55Cah SaminKamis, 11 Juni 2015 YADU adalah putra sulung Prabu Yayati, raja negara Astina dari permasuri Dewi Dewayani, putra brahmana sakti yang memiliki ilmu Sanjiwani...


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar