Wisnukapiwara

 on Kamis, 11 Juni 2015 

WISNUKAPIWARA adalah kerabat Sanghyang Wisnu, berwujud wanara/kera berwarna hitam (lutung). Ia mempunyai saudara kembar gondangkasih (karena perbedaan warna) bernama Supalawa yang berbulu putih, yang turun ke arcapada sebagai andel kepercayaan Resi Manumayasa, cucu buyut Sanghyang Wisnu. 


Meskipun berwujud kera, Wisnukapiwara sangat sakti. Ia dapat mengecilkan tubuhnya menjadi sebesar lanceng (lebah kecil putih). Dengan kesaktiannya Wisnukapiwara pernah membebaskan Sanghyang Wisnu dari penjara baja sebagai tawanan Prabu Kalakeya, raja negara Dwaraka, putra Bathara Kalayuwana yang berarti cucu Bathara Kala dengan Dewi Pramuni. Dengan petunjuk dan bantuan Prabu Nagaraja, raja ular/taksaka yang bersemayam di Sumurjalatunda, Wisnukapiwara berhasil mengetahui rahasia kekuatan penjara baja ciptaan Prabu Kalakeya.

Pada jaman Ramayana, ketika Sanghyang Wisnu menitis pada diri Ramawijaya, Wisnukapira ikut terjun ke arcapada menjelma sebagai kera hitam bernama Winata yang bertugas memberi fatwa tentang arti kebajikan dan mengobarkan semangat perang dikalangan prajurit kera Gowa Kiskenda. Sedangkan pada jaman Mahabharata, Wisnukapirawa pernah turun ke arcapada, menjadi andel Resi Padmanaba (penjelmaan Wisnu Anjali) di pertapaan Untarayana, yang menjadi guru Sri Kresna dan Arjuna.
Wisnukapiwara4.55Cah SaminKamis, 11 Juni 2015 WISNUKAPIWARA adalah kerabat Sanghyang Wisnu, berwujud wanara/kera berwarna hitam (lutung). Ia mem...


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar