Kumpulan Cerita Wayang dalam Bahasa Indonesia serta Bahasa Jawa, Tokoh Wayang, Artikel Wayang, Lakon Wayang

Triyarta

SANGHYANG TRIYARTA adalah Dewa Kesuburan, Keluhuran dan kemuliaan. Ia bersemayam di Kahyangan Argamaya. Sanghyang Triyarta adalah putra keempat dari enam bersaudara putra Sanghyang Wening/ Sanghyang Darmajaka dangan Dewi Sikandi. Kelima orang saudara kandungnya masing-masing bernama; Sanghyang Pancaresi, Sanghyang Narada – yang menjadi lurahnya para dewa –, Sanghyang Caturkanaka, Sanghyang Dermaya dan Dewi Dremani yang menjadi istri Sanghyang Tunggal.

Sanghyang Triyarta menikah dengan Dewi Suyati, saudara sepupunya sendiri, putri dari Sanghyang Wenang, adik Sangyang Wening, dengan Dewi Saoti.

Seperti sudah menjadi kehendak Sang Maha Pencipta, Sanghyang Triyarta dan Dewi Suyati menjadi perantara lahirnya para bidadari. Karena itu dari 77 (tujuh puluh tujuh) orang anaknya semuanya perempuan. Para bidadari putri Sanghyang Triyarta dengan Dewi Suyati inilah yang kemudian menjadi istri para dewa keturunan Sanghyang Tunggal, baik anak ketururan Sanghyang Ismaya maupun anak keturunan Sanghyang Manikmaya.

Dari sekian banyak putri Sanghyang Triyarta yang dikenal dalam pedalangan diantaranya Dewi Tunjungbiru yang pernah turun ke arcapada, menjelma/menitis sebagai putri Bathara Kandikota (turun ke-empat dari Sanghyang Darmajaka). Dalam penitisannya itu Dewi Tunjungbiru menikah dengan Prabu Arya/Aya, raja negara Duryapura dan mempunyai seorang putra yang diberi nama, Dasarata yang setelah dewasa menjadi raja negara Ayodya.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Triyarta