Kumpulan Cerita Wayang dalam Bahasa Indonesia serta Bahasa Jawa, Tokoh Wayang, Artikel Wayang, Lakon Wayang

Dasarata Rabi


Prabu Sumaresi dari Kerajaan Benggala atau Kerajaan Suwelareja mempunyai dua orang putri cantik, masing-masing bernama Dewi Kekayi dan Dewi Sumitrawati. Prabu Sumaresi juga mempunyai abang, seorang pertapa sakti bernama Resi Kala.

Sewaktu kedua putri itu menanjak dewasa, banyak raja yang datang melamar. Karena bingung siapa yang harus dipilih, Resi Kala lalu menyuruh adiknya lalu membuat sayembara, siapa yang sanggup mengalahkan Resi Kala, boleh memperistri kedua putri Raja Suwelareja. 


Belasan orang raja memberanikan diri mencoba kesaktian Resi Kala, tidak satu pun yang berhasil mengalahkan pertapa sakti itu. Akhirnya datanglah Kumbakarna, adik Prabu Dasamuka, hendak melamar kedua putri cantik itu. Ia datang ke sayembara itu atas perintah abangnya, Prabu Dasamuka.

Seperti pelamar yang lain, Kumbakarna pun harus berhadapan dengan Resi Kala. Ternyata keduanya sama-sama sakti. Sesudah berhari-hari mereka berperang tanding, mengadu kesaktian, barulah Kumbakarna menyerah kalah. Dengan tubuh penuh luka raksasa itu pulang ke Alengka.

Akhirnya, Resi Kala dikalahkan oleh Prabu Dasarata, raja Ayodya. Namun,, sebelum menikah dengan kedua putri itu, Dewi Kekayi minta syarat tambahan, agar kelak jika ia melahirkan seorang putra, Dasarata harus mengangkatnya sebagai putra mahkota.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Dasarata Rabi