Yuyutsu (Kurawa)

Cah Samin

YUYUTSU adalah putra Prabu Drestarasta, raja negara Astina dengan Dewi Gandari, putri Prabu Gandara dengan Dewi Gandini dari negara Gandaradesa. Ia mempunyai saudara sebanyak 100 orang (99 orang laki - laki dan 1 orang wanita) yang disebut Sata Kurawa. Diantara saudara-saudaranya yang dikenal dalam pedalangan adalah ; Duryudana (raja negara Astina), Bogadatta (raja negara Turilaya), Bomawikata, Wikataboma, Citraksi, Citraboma, Citrayuda,Citraksa, Carucitra, Dursasana (Adipati Banjarjumut), Durmagati, Durmuka, Durgempo, Gardapati (raja negara Bukasapta), Gardapura, Kartamarma (raja negara Banyutinalang), Kartadenta, Surtayu, Surtayuda, Windandini (raja negara Purantara) dan Dewi Dursilawati.



Yuyutsu memiliki perwatakan ; jujur, suka berterus terang, pemberani dan teguh dalam pendirian. Selain sakti, ia juga mahir dalam mempermainkan senjata panah.

Pada saat berlangsungnya perang Bharatayuda, Yuyutsu tidak ikut terjun di medan peperangan membela Kurawa. Bersama Durmuka dan Drestaketi, Yuyutsu bersikap netral karena dalam hatimya ia memihak Pandawa, menentang tindakan Kurawa yang dianggapnya keliru. Sampai berakhirnya perang Bharatayuda, Yuyutsu masih hidup, dan terus mengikuti keluarga Pandawa.

Catatan : Ada 2 Yuyutsu yang dikenal dalam dunia wayang yaitu Yuyutsu Kurawa dan Yuyutsu putra Arya Widura.

0 komentar:

Poskan Komentar