Kumpulan Cerita Wayang dalam Bahasa Indonesia serta Bahasa Jawa, Tokoh Wayang, Artikel Wayang, Lakon Wayang

Dewi Rekatawati (Istri Sanghyang Tunggal)


Dewi Rekatawati dikenal pula dengan nama Dewi Rakti atau Dewi Wirandi. Dia adalah putri Prabu Yuyut/Resi Rekatama, yang berwujud ketam/yuyu raksasa, raja negara Samodralaya/Pula Darma, dan ibunya bernama Dewi Rawati. Dewi Rekatawati mempunyai watak; setia, murah hati namanya, Baik budi, sabar Dan Jatmika (Selalu Artikel Baru Sopan santun). Oleh Sang Hyang Wenang, Dewi Rekatawati dinikahkan dengan Sang Hyang Tunggal putra Sang Hyang Wenang dengan Dewi Sahoti.

Karena Sang Hyang Tunggal berwujud “akyan” (makluk halus) maka yang lahir dari kandungannya berwujud sebutir telur, terbang melayang-layang yang setelah ditangkap oleh Sang Hyang Tunggal pecah berubah wujud menjadi tiga orang anak kembar. Sama-sama tampan, cakap dan memancarkan cahaya keagungan. Oleh Sang Hyang Tunggal ketiga putranya tersebut masing-masing diberi nama: Sang Hyang Tejamaya/Antaga (terjadi dari kulit telur), Sang Hyang Ismaya (terjadi dari putih telur) dan Sang Hyang Manikmaya (terjadi dari kuning telur). Karena berwujud badan rokhani, hidup Dewi Rekatawati bersifat abadi. Dewi Rekatawati bersemayam di Kahyangan Alangalangkumitir.


Dalam pewayangan, dikenal 2 Rekatawati, yaitu Dewi Rekatawati Istri Sanghyang Tunggal dan Rekatawati Istri Prabu Matswapati raja Wirata.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Dewi Rekatawati (Istri Sanghyang Tunggal)